Sabtu, 18 Februari 2012

BEKAM PENGOBATAN YANG UTAMA BUKAN ALTERNATIF

Sub Tema : “ Bekam Sebagai Terapi Utama Untuk Darah Stasis karena Darah Panas “
Dalil Keutamaan Bekam
Banyak hadits shoheh yang meriwayatkan tentang keutamaan dan perintah untuk melakukan bekam. Rasulullah ketika sakit, Alloh membimbing beliau untuk menjalani pengobatan paling baik yaitu bekam.
Beberapa hadits tentang bekam yaitu, Rasulullah Saw bersabda:
Sebaik-baik pengobatan yang kalian gunakan adalah bekam. (Musnad Imam Ahmad, dishohihkan oleh Al-Albani)

Jika ada kebaikan dalam pengobatan yang kalian gunakan, maka itu terdapat dalam bekam. (Shohih Sunan Abi Dawud)

Pengobatan paling utama yang kalian gunakan adalah bekam. (Muttafaqun ‘alaih)
Sesungguhnya pengobatan paling ideal yang kalian gunakan adalah bekam (Muttafaqun ‘alaih)
Pada malam aku diisro’kan, aku tidak berlalu di hadapan sekelompok malaikat, kecuali mereka itu mengatakan, “Wahai Muhammad, perintahkan umatmu supaya berbekam!’ (Shohih Sunan Ibnu Majah)

Analisa Ulama Tentang Bekam
DR Muhammad Musa Alu Nashr mengatakan “Jika penyakitnya itu bersifat panas, maka kita bisa menyembuhkannya dengan mengeluarkan darah, baik dengan cara al fashdu  maupun dengan bekam. Sebab pada yang demikian itu terdapat proses pengeluaran zat yang tidak berguna sekaligus mendinginkan keadaan badan. Jika penyakitnya itu bersifat dingin maka kita bisa mengobatinya dengan penghangatan dan penghangatan itu terkadung dalam madu.”
Ibnu Qoyyim mengatakan” adapun manfaat bekam lebih dapat membersihkan pemukaan badan dari pada al fashdu, tetapi bagian terdalam tubuh al fashdu lebih baik.”
Definisi dan Mekanisme Kerja Bekam
BEKAM
 adalah proses pengekopan dilanjutkan dengan melakukan torehan untuk mengeluarkan darah yang ada di kapiler epidermis. selanjutnya klik disini


Baca juga :


Next Prev home